Zat Makanan yang Bikin Suasana Hati Jadi Gembira


Kadang anda tidak menyadari bahwa jenis makanan yang dikonsumi tubuh kita dapat mempengaruhi suasana hati. Makanan apa sajakah itu? Mari kita baca lebih lanjut artikel yang dilansir oleh carefair.com.

Tubuh kita ternyata membutuhkan asam lemak omega 3 yang secara efektir akan mengangkat semangat dan membantu saat kita depresi. Asam lemak ini dapat diperoleh dari ikan seperti salmon, makarel, dan sarden. Namun jika anda tidak dapat mentolerir rasa ikan, asam lemak omega 3 juga terkandung dalam minyak canola, biji rami dan kenari, serta telur.

Zat lain yang diperlukan untuk membuat perasaan bahagia adalah sejumlah vitamin B, namun dua jenis yang paling dominan manfaatnya yaitu B 12 dan folat. Beberapa penelitian, rendahmya tingkat vitamin ini dalam tubuh kita akan meningkatkan potensi depresi. Makanan yang sebaiknya dikonsumi setiap hari untuk memperoleh vitamin B adalah kacang-kacangan, sereal dan oatmeal, daging dan produk susu rendah lemak, buah-buahan segar dan sayuran.

Selain itu, suasana hati juga dipengaruhi oleh vitamin D. Vitamin D ini adalah nutrisi penting meningkatkan jumlah serotonin dalam tubuh, yang merupakan neurotransmitter yang memiliki dampak langsung pada mood Anda. Telur, susu rendah lemak dan ikan dengan tulang adalah semua sumber terbaik vitamin ini. Anda juga dapat meminta dokter Anda tentang kebutuhan Anda untuk suplemen vitamin D, karena sumber makanan yang agak terbatas. Dan menikmati sinar matahari sebanyak yang Anda bisa.

Agar mood anda semakin bahagia, ada baiknya mengendalikan tingkat kadar gula darah kita. Hindarilah mengkonsumsi makanan karbohidrat sederhana seperti kudapan dan cokelat. Karena karbohidrat sederhana tersebut akan menyebabkan gula darah naik dan turun lebih dramatis. Ketika gula darah Anda sering berfluktuasi, suasana hati Anda bisa menjadi lebih volatile juga. Solusi untuk masalah ini adalah makan makanan yang akan menjaga kadar gula darah yang konsisten, seperti biji-bijian dan buah-buahan dan sayuran segar. (www.tempointeraktif.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Kesehatan dan Kecantikan
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger