Cegah Jerawat Dengan Makan Mangga


Terlepas dari rasanya yang nikmat, mangga memiliki manfaat untuk kulit. Mangga mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang berguna merawat kecantikan kulit, termasuk mencegah jerawat.

"Mangga kaya akan beta karotin (vitamin A) yang merupakan anti oksidan terkuat. Anti oksidan berfungsi untuk melawan penuaan dini. Selain itu, vitamin A juga mampu menangkal jerawat. Vitamnin A sering direkomendasikan menjadi resep untuk menghilangkan jerawat," tutur Dr Apratim Goel, seorang dermatologis, seperti dikutip dari iDiva.

Kandungan vitamin A yang sangat besar pada mangga juga dapat menjadi obat termanjur untuk mengaluskan kulit. Kulit kusam, pori-pori besar, jerawat, kulit mati di sekitar siku dan lutut dapat diatasi dengan rajin mengonsumsi mangga. Mangga juga bisa dijadikan sebagai scrub.

"Mangga efektif mengurangi pori-pori kulit. Selain itu kulit mangga mengandung AHA (Alpha Hydroxyl Acids) yang dapat mengelupaskan kulit mati, sehingga kulit mendapatkan sel baru," tambah Dr. Goel.

Untuk pengelupasan kulit, siapkan kulit mangga yang telah matang di pohon, lalu haluskan kulitnya, tapi jangan sampai terlalu halus, sehingga masih mendapatkan butiran kasarnya. Gosok-gosokkan pada wajah, siku dan lutut selama 10 menit. Anda akan melihat hasil yang nyata, jika rajin melakukan perawatan ini.

Mangga juga mengandung vitamin C. Fungsinya adalah membantu pembentukan kolagen baru. Seiring bertambahnya umur, kolagen pada kulit akan berkurang dan jika kolagen sedikit maka dapat menyebabkan kerut dan keriput. Vitamin C juga dapat bekerja untuk mencerahkan kulit. (www.wolipop.com)

Copyright 2011 Kesehatan dan Kecantikan
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger