Macam-Macam Warna Untuk Terapi

Sadar atau tidak, kehidupan kita selalu dikelilingi warna. Warna-warni pun sebenarnya bisa mempengaruhi kehidupan kita dalam beberapa cara. Terkadang warna bisa membuat orang merasa lebih baik, meningkatkan energi mereka atau bahkan memiliki efek menyedihkan. Warna juga bisa digunakan untuk efek penyembuhan yang disebut sebagai Terapi Warna atau 'Chromotherapy'. Lebih hebatnya lagi, terapi warna ternyata telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu menyembuhkan gangguan pikiran, tubuh, dan jiwa.

Setiap gema warna ke frekuensi yang berbeda akan membawa sifat penyembuhan yang spesifik. Misalnya, warna yang digunakan untuk menenangkan pikiran dan jiwa adalah hijau dan biru. Anda tidak perlu ke terapis warna profesional, Anda bisa melakukan terapi warna sendiri. Nah, berikut adalah beberapa tips tentang terapi warna:

1. Warna untuk meningkatkan nafsu makan
Jika Anda berada di restoran cepat saji, melihat-lihat dekorasi ruang. Biasanya, warna-warna cerah ceria dan menyenangkan yang terlihat. Warna terang seperti merah, oranye, dan kuning telah terbukti untuk merangsang sistem saraf dan meningkatkan nafsu makan Anda.

Jangan pernah menampilkan warna pink jika Anda ingin meningkatkan nafsu makan. Menurut penelitian, pink akan menekan nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan ringan.

2. Warna untuk membuat Anda tetap bersemangat
Jika Anda memiliki hari yang sibuk dan membutuhkan banyak energi, cobalah untuk mendekati warna jeruk atau oranye. Jika Anda ingin melepaskan kekuasaan dan kekuatan, gunakan warna hitam. Penggunaan abu-abu disarankan untuk pikiran yang netral, sangat cocok untuk Anda yang melakukan mediasi dan tidak berpihak.

3. Kuning meningkatkan konsentrasi, memori, dan keyakinan. Letakkan salah satu benda berwarna kuning di ruang kerja Anda, atau di meja Anda. Jika Anda membutuhkan konsentrasi saat bekerja dengan tugas yang menumpuk, cobalah untuk membuat catatan tertulis di atas kertas kuning. Atau jika Anda ingin tampil lebih percaya diri, cobalah untuk memakai baju kuning.

4. Biru dan hijau adalah warna alami yang menenangkan
Cat dekorasi kamar tidur dengan warna pastel seperti biru dan hijau. Hal ini membantu untuk mengurangi stres dan mendorong tidur nyenyak. Kedua warna ini juga baik untuk anak-anak yang hiperaktif.

5. Warna coklat dan merah maroon memberikan tekanan
Hati-hati menggunakan warna coklat terlalu banyak, termasuk merah marun. Meskipun sangat baik sebagai warna dasar, tapi ingat warna coklat dan merah maroon memberikan tekanan. Untuk menyeimbangkan kedua warna ini lebih baik Anda gunakan warna netral atau pastel.

6. Turquoise atau hijau kebiruan adalah warna untuk komunikasi. Penggunaan warna ini dianjurkan saat wawancara dan presentasi di mana Anda harus berbicara dengan jelas dan penuh percaya diri.

sumber: http://kesehatan.liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Kesehatan dan Kecantikan
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger