Hilangkan Stres Dengan Tertawa 15 Menit Sehari


Anda ingin memiliki hidup yang sehat? Cobalah untuk lebih sering tertawa. Menurut penelitian, tertawa selama 15 menit ternyata bisa berdampak positif bagi kesehatan seseorang.

Seperti yang dikutip dari Times of India, di hari tua nanti, ada baiknya Anda tertawa selama 18 menit dalam sehari. Namun untuk sekarang, memanfaatkan waktu selama 15 menit saja sudah cukup untuk memberikan manfaat baik pada kesehatan tubuh.

Para ahli mengatakan anak-anak bisa tertawa sampai 300-400 kali dalam sehari, tetapi bagi orang dewasa frekuensi tersebut turun menjadi 15 kali saja dalam sehari. Menurut dr S.K Gupta, senior consultant, cardiology, Indraprastha Apollo Hospitals, "tertawa merupakan latihan bagi jantung dan juga paru-paru. Saat seseorang tertawa, denyut jantung meningkat dan otak menjadi lebih rileks."

"Di dunia yang serba cepat ini, tingkat stres memiliki korelasi dengan penyakit. Lebih dari 70 persen dari penyakit disebabkan oleh stres. Untuk menghindari stres, banyak orang yang malah beralih pada alkohol, rokok dan obat-obatan. Seandainya saja, mereka sadar akan manfaat tertawa!,"ujar dr Kataria.

Selain menghilangkan stres, tertawa juga berperan mengurangi kalori dalam tubuh. Seperti yang dikutip dari MSNNews, tertawa setidaknya 10 menit dapat membakar kalori. Untuk itu, Anda bisa menonton film komedi kesukaan dan mengajak teman Anda untuk menonton bersama. Film komedi dapat mengurangi 10-20 persen kalori ketimbang menonton film drama atau action.(wolipop.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Kesehatan dan Kecantikan
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger