Manfaat Kopi dan Teh Bagi Kesehatan Jantung

Para penggemar kopi dan teh tak perlu khawatir dengan jumlah konsumsi kedua minuman itu, baik banyak atau sedang, minum kopi dan teh diperkirakan bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Begitulah kata sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology, jurnal Asosiasi Jantung Amerika, sebagaimana dikutip ScienceDaily 19 Juni 2010.

Untuk teh, para peneliti di Belanda menemukan:
* Minum teh lebih 6 cangkir sehari berkaitan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah 36 persen dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari satu cangkir teh per hari.

* Minum 3-6 cangkir teh per hari bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung 45 persen, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kurang dari satu cangkir per hari.

Adapun untuk kopi, mereka menemukan:
* Peminum kopi dengan tingkat asupan biasa saja, yakni dua sampai empat cangkir per hari, memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari dua cangkir atau lebih dari empat cangkir.
* Walaupun tidak dianggap signifikan, konsumsi kopi moderat ini sedikit mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung dan kematian dari segala sebab.

Para peneliti juga menemukan bahwa baik konsumsi kopi maupun teh punya pengaruh terhadap risiko stroke.

"Sementara studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa kopi dan teh tampaknya mengurangi risiko penyakit jantung, bukti risiko stroke dan risiko kematian akibat penyakit jantung tidak meyakinkan," kata Yvonne T. van der Schouw, Ph.D., penulis penelitian senior dan profesor epidemiologi penyakit kronis di Pusat Ilmu Kesehatan dan Perawatan Primer Julius, Universitas Kedokteran Pusat Utrecht, Belanda. "Hasil penelitian kami menemukan manfaat dari minum kopi dan teh terjadi tanpa meningkatkan risiko stroke atau kematian dari segala sebab."

Van der Schouw dan rekannya menggunakan kuesioner untuk mengevaluasi konsumsi kopi dan teh di antara 37.514 peserta.

Para peneliti menyebutkan bahwa manfaat minum teh terhadap kardiovaskular bisa dijelaskan dengan antioksidan. Flavonoid dalam teh diduga berkontribusi mengurangi risiko, namun mekanisme yang mendasarinya masih belum diketahui.(tempointeraktif.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Kesehatan dan Kecantikan
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger