Makanan Yang Dianjurkan Untuk Begadang

Pesta Piala Dunia 2010 sedang berlangsung. Rangkaian pertandingan sepak bola yang digelar di Afrika Selatan itu selalu jatuh pada malam dan dinihari untuk waktu Indonesia. Jadi penonton harus begadang. Nah, camilan dan minuman pun disiapkan buat teman melek. Biasanya, makanan teman begadang adalah kopi, kacang, gorengan, dan rokok.

Tapi, menurut ahli gizi dari Persatuan Gizi Indonesia, Ida Ruslita Amir, SKM, MKes, rokok jelas tidak disarankan untuk teman begadang. "Ada 4.000 racun dalam rokok," kata Ida. Untuk kacang, menurut Ida, lebih bagus kacang dengan kulit ketimbang kacang goreng. "Biasanya kacang goreng mengandung banyak lemak jenuhnya karena melalui proses penggorengan."

Bagaimana dengan kopi? Kopi dengan kandungan utama kafein, menurut Ida, hanya bisa merangsang melek, tapi tak menambah energi. Padahal orang yang begadang membutuhkan tambahan energi, terutama bagi mereka yang suka berteriak jika ada bola menggoyang jaring gawang.

Energi yang baik sebenarnya berasal dari gula. Tiap satu gram gula mengandung empat kalori. Normalnya, orang dewasa Indonesia memerlukan asupan kalori sebanyak 2.100 kalori selama 24 jam. Mengkonsumsi minuman berenergi boleh-boleh saja. Cuma kandungan vitamin dan mineralnya sedikit.

Untuk begadang, asupan vitamin perlu ditambah. "Vitamin bagus sebagai antioksidan," ujar Ida. Asal vitamin yang bagus ini berasal dari buah dan sayuran. "Bisa dihidangkan dalam bentuk jus atau buah yang dimakan langsung." Intinya, untuk mengiringi begadang, dibutuhkan makanan bergizi lengkap: protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.
Ida juga menyarankan, kala begadang, jangan menambah porsi makanan. "Tapi jam makan yang digeser." Misalnya, jika makan malam, tak perlu terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Makan porsi setengahnya saja, dan sisanya dimakan saat begadang. Jika menambah porsi makanan saat begadang selama sebulan Piala Dunia berlangsung dikhawatirkan tubuh bisa mengalami kegemukan.

Seperti diketahui, begadang sebenarnya riskan buat kesehatan. Bahkan begadang diketahui dapat menimbulkan kanker hati dan meluruhkan gairah seks.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna. Jika prosesnya terganggu, hati akan kotor, sehingga menimbulkan kanker. Selain itu, sekitar pukul 02.00-03.00, tubuh perlu istirahat guna memproduksi hormon testosteron (hormon utama seks).

Menurut Ida, belum jelas apakah beberapa makanan tertentu bisa membersihkan hati yang kotor. Makanan yang dipercaya membersihkan hati di antaranya susu dan selenium. "Susu bisa menetralisasi alergi," kata dia. Sedangkan selenium adalah zat antioksidan yang berfungsi meredam aktivitas radikal bebas. Rokok adalah musuh selenium. Selenium biasanya terdapat dalam sayur dan buah-buahan.

Sementara untuk menjaga agar gairah seks tak luruh, Ida menyarankan agar banyak mengonsumsi ikan dan daging. "Ikan dan daging mengandung protein yang tinggi." | nur rochmi

Makanan Pembersih Hati

1. Susu
2. Selenium
3. Beta karoten
4. Vitamin E dan B
5. Jahe dan bawang putih
6. Beras cokelat
7. Kacang-kacangan
8. Kacang merah
9. Jambu mete
10. Beras pasta
11. Buah dan sayur
12. N-acetyl-cysteine (NAC) -- salah satu jenis antioksidan

sumber:tempointeraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Kesehatan dan Kecantikan
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger