Deteksi Dini Kanker Lima Tahun Lebih Awal

Biasanya deteksi kanker baru diketahui ketika selnya mulai tumbuh. Namun kini anda dapat mendeteksi kanker lima tahun lebih awal sebelum sel mematikan itu menjalari tubuh.

Penelitian yang dilakukan Nottingham University di Inggris bersama perusahaan peneliti medis Oncimmune menemukan bahwa potensi kanker dapat dideteksi lima tahun sebelumnya melalui tes darah sederhana. Dengan mengambil 10 mililiter contoh darah yang biasanya digunakan untuk mengetahui kadar kolesterol atau gula darah, para ilmuan ini membongkar sel-sel dalam darah yang berpotensi menjadi tumor, cikal-bakal kanker.

Spesialis kanker payudara, Profesor John Robertson mengatakan sering kali penanganan terhadap pasien penderita kanker terlambar karena selnya telah berkembang. Dalam pertumbuhannya, sel tumor menghasilkan protein berupa antigen yang "berkelahi" dengan sistem kekebalan tubuh atau antibodi yang kemudian menghasilkan auto-antibodi. Penelitian yang dipimpin Robertson berusaha mencari auto-antibodi yang merupakan zat hasil pergulatan antara sel kanker dengan antibodi tadi di dalam darah.

Penelitian ini pertama kali dilakukan terhadap pasien penderita kanker payudara. Para ilmuwan kemudian membuat prototipe darah para pasien itu untuk dijadikan contoh. "Kami mengurai seperti apa bentuk sel dalam darah pasien ini lima tahun lalu," kata Robertson. Menurut dia, tes darah ini tidak hanya mendeteksi penyakit kanker payudara melainkan juga kanker jenis lain yakni paru-paru, rahim, prostat dan usus.(tempointeraktif)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Kesehatan dan Kecantikan
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger