Tips Agar Tidur Nyenyak

Bagi orang dewasa, lama tidur malam yang sehat adalah 7-8 jam. Jika setelah bangun tidur Anda masih juga kecapekan, itu merupakan tanda bahwa Anda memerlukan pengaturan jam tidur. Berikut ini tip agar tidur Anda lebih nyenyak.

1. Buatlah kamar tidur yang tenang, gelap, dan sejuk.
Suasana bising, pancaran cahaya, dan hawa yang panas bisa mengganggu tidur. Cobalah gunakan mesin suara atau penutup telinga untuk menghalau kebisingan. Gunakan kipas untuk menjaga kesejukan ruang tidur dan pasanglah tirai atau masker mata untuk menghalau cahaya.
2. Buat jadwal tidur yang teratur.
Tubuh Anda punya jam biologis. Optimalkan dengan tepat jam tidur Anda dengan pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk pada akhir pekan.
3. Hindari tidur siang.
Tidur siang dapat membuat tidur malam semakin susah. Jika Anda harus tidur siang, batasi waktunya maksimal 30 menit dan sebelum pukul 15.00.
4. Hindari aktivitas dan situasi stres sebelum tidur.
Jangan berolahraga, berdiskusi berat, menonton TV, serta main komputer atau video game sebelum tidur. Matikan peralatan elektronik satu jam sebelum tidur.
5. Batasi konsumsi kafein, alkohol, dan nikotin.
Berhentilah minum kafein minimal delapan jam sebelum tidur. Hindarilah mengkonsumsi alkohol, walaupun alkohol bisa membuat Anda merasa mengantuk, karena hal itu bisa mengganggu kualitas tidur Anda.
6. Gunakan kamar tidur untuk tidur, bukan untuk bekerja, membaca, menonton TV, atau main komputer.
Langkah ini diperlukan agar otak dan tubuh mendapatkan sinyal kuat bahwa saat masuk ke tempat tidur merupakan waktunya untuk tidur.
7. Jangan berada di tempat tidur jika tak bisa tidur.
Jangan memaksa diri untuk tidur jika sulit tidur. Lakukan sesuatu yang santai, misalnya membaca, minum teh hangat nonkafein, mandi, atau mendengarkan musik yang menenangkan. Bila sudah mengantuk, kembalilah ke tempat tidur.
8. Jauhkan jam dari pandangan.
Jam akan membuat Anda cemas. Jika Anda ingin bangun tidur dengan menggunakan alarm, jangan taruh alarm di depan pandangan Anda.
sumber:tempointeraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Kesehatan dan Kecantikan
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger