Perut Gendut Lebih Cepat Pikun

MEMILIKI lemak perut di usia pertengahan meningkatkan risiko Alzheimer dan bentuk kepikunan lainnya. Orang-orang dengan perut besar di usia 50, menurut temuan studi terbaru, secara signifikan mempunyai otak yang lebih kecil.

Lemak perut dikenal paling berbahaya. Lemak ini termasuk tipe tersembunyi dan lebih berbahaya dibandingkan lemak di pinggul. Lemak ekstra ini terdapat di sekitar organ-organ dalam perut dan lebih aktif secara metabolik. Lemak ini melepaskan lebih banyak asam-asam yang meningkatkan risikio penyakit jantung. Penelitian lain juga telah menghubungkan obesitas dengan penyakit kardiovaskular (yang turut berperan dalam kepikunan.

Peneliti dari Amerika Serikat mengukur obesitas perut pada 733 orang berusia 60 ke atas. Selanjutnya, peneliti membandingkan hasil tersebut dengan volume otak berdasarkan pemindaian (CT scans). Hasil menunjukkan, partisipan yang memiliki jumlah lemak perut paling banyak memiliki otak lebih kecil dibandingkan partisipan dengan jumlah lemak terendah.

"Data kami menunjukkan hubungan kuat antara obesitas sentral dan risiko penyakit kepikunan," tutur pemimpin studi Sudha Seshadri, dari Boston University School of Medicine, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Kamis (20/5).

Studi yang dipublikasikan di jurnal Annals of Neurology ini tidak menyebutkan ukuran lingkar pinggang paling sehat. Tapi sebagai panduan dasar, para dokter menganjurkan agar ukuran pinggang lelaki tidak lebih dari 40 inci dan perempuan sebaiknya di sekitar 35 inci.(mediaindonesia.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Kesehatan dan Kecantikan
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger