Makanan Penurun Kadar Kolesterol Dalam Darah

Diet dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut lima makanan yang dapat menurunkan kolesterol dan melindungi jantung Anda.

1. Oatmeal, bekatul, dan makanan serat tinggi
Oatmeal mengandung serat larut, yang mengurangi kolesterol LDL. Serat larut juga ditemukan dalam makanan seperti buncis, apel, pir, dan barley. Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda.

2. Ikan dan lemak omega-3
Makan ikan berlemak bisa menyehatkan jantung, di antaranya ikan kembung, sarden, albacore tuna, dan salmon. Karena ikan mengandung lemak omega-3 tingkat tinggi, yang bisa mengurangi tekanan darah. Pada penderita serangan jantung, minyak ikan mengurangi risiko kematian mendadak. Lebih baik ikannya dipanggang daripada digoreng.

3. Kenari, almond, dan kacang-kacangan lainnya
Kenari, almond, dan kacang-kacangan lainnya dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kacang-kacangan ini kaya akan lemak tak jenuh ganda. Walnut juga membantu menjaga pembuluh darah yang sehat.

Menurut Badan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), makan sekitar segenggam (42,5 gram) kacang-kacangan ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Pastikan kacangnya tidak asin atau dilapisi gula.

4. Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung campuran antioksidan potensial yang dapat menurunkan kolesterol LDL tapi meninggalkan kolesterol baik HDL. FDA merekomendasikan dua sendok makan (23 gram) minyak zaitun per hari untuk mendapatkan jantung yang sehat.

5. Makanan dengan tambahan sterol atau stanol
Makanan yang kini telah difortifikasi dengan sterol atau stanol - zat dalam tumbuhan yang membantu menahan penyerapan kolesterol.
sumber:tempointeraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Kesehatan dan Kecantikan
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger