Kurang Tidur Menyebabkan Kematian Dini

Tidur secara konsisten kurang dari enam jam di malam hari dapat menyebabkan kematian dini, tetapi tidur terlalu banyak juga bisa berarti masalah, menurut sebuah studi yang mengklaim telah menemukan bukti tegas dari potensi bahaya pola tidur yang abnormal.

Penelitian ini, oleh para akademisi di Inggris dan Italia, menganalisis data dari 16 studi terpisah di seluruh Eropa, Amerika dan Asia lebih dari 25 tahun, mencakup lebih dari 1,3 juta orang dan lebih dari 100 ribu kematian.

Peneliti menemukan bahwa mereka yang umumnya tidur kurang dari enam jam di malam hari 12 persen lebih mungkin untuk mengalami kematian dini selama periode 25 tahun dibandingkan dengan mereka yang secara konsisten bisa tidur enam sampai delapan jam. Bukti untuk hubungan itu tegas, para peneliti menyimpulkan.

Penelitian itu, diterbitkan dalam jurnal ilmiah Sleep, dilakukan oleh tim dari Universitas Warwick dan sekolah kedokteran Universitas Federico II di Naples.

Peneliti juga menyimpulkan bahwa mereka yang secara konsisten tidur lebih dari sembilan jam setiap malam cenderung meninggal lebih awal. Tidur berlebih itu sendiri tidak dilihat sebagai risiko, tetapi sebagai indikator potensi penyakit.(tempointeraktif.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Kesehatan dan Kecantikan
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger