Gondok Sebabkan Mandul

Penyakit gondok (hypertiroid) ternyata bisa menyebabkan kemandulan dan gangguan pertumbuhan janin pada ibu hamil.

Menurut dr Mardianto SpPD saat menyampaikan makalahnya dalam seminar memperingati Hari Tiroid se-dunia, di RSU dr Pirngadi Medan mengatakan penyakit tiroid dapat membesar disebabkan beberapa faktor, di antaranya disebabkan berlebihnya produksi hormon dan karena kekurangan yodium.

"Ini sering terjadi pada masyarakat walaupun tidak seperti penyakit diabetes mellitus. Namun komplikasinya bisa kepada yang lain," kata Mardianto SpPD, Selasa (25/5).

Meski belum ada data jumlah penderita penyakit gondok di Indonesia karena sedang dilakukan penelitian, hypertiroid atau terlalu banyaknya hormon-hormon tiroid di dalam tubuh, dapat berdampak kepada jantung. Bahkan, kalau terjadi pembesaran terjadi gangguan pada leher dan kalau lebih besar lagi dapat menyebabkan kanker tiroid.

Dirut RSU dr Pirngadi Medan, dr Dewi Fauziah Syahnan SpTHT mengatakan, adapun kegiatan ini diadakan sebagai pemahaman terhadap masyarakat awam dan pasien yang mengalami tiroid agar lebih tanggap dalam menyikapi penyakit tersebut.

"Dalam peringatan ini, kita mengadakan seminar kepada masyarakat awam dan pasien yang mengalami penyakit tiroid, agar lebih tanggap dan sadar mengenai penyakit tiroid," imbuhnya.(jpnn.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Kesehatan dan Kecantikan
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger