Anak dari Ibu Perokok Berisiko Derita Problem Tidur

Anak-anak yang ibunya merokok selama kehamilan tampaknya memiliki masalah tidur selama 12 tahun pertama kehidupannya. Begitu pula dengan anak-anak yang ibunya mengonsumsi jenis obat antidepresi selama kehamilan, cenderung memiliki problem perilaku saat umur tiga tahun.

Dalam sebuah penelitian, Kristen C. Stone, Ph.D., dari Pusat Studi Anak Berisiko Brown, Rumah Sakit Ibu dan Anak, Providence, RI, dan koleganya mempelajari 808 anak-anak yang ibunya memberikan informasi tentang perawatan kehamilan, dan demografi sosial, dan masalah tidur dan perilaku anak-anak mereka, serta paparan zat selama kehamilan.

Dari lima zat yang dinilai, yakni kokain, opium, marijuana, alkohol, dan nikotin, hanya paparan nikotin yang terkait dengan masalah tidur pada anak-anak. "Tingkat paparan nikotin yang tinggi pada pralahir, diperkirakan menimbulkan masalah tidur dari umur satu bulan sampai 12 tahun," tulis Kristen.

Dalam laporan lain, Tim F. Oberlander, MD, dan rekan-rekannya di Universitas British Columbia, Vancouver, mempelajari 75 ibu dan anak-anak mereka yang berusia 3 tahun. Dari jumlah tersebut, 33 ibu-ibu memakai obat selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI) selama kehamilan dan 42 ibu tidak memakai. Suasana hati para ibu itu dinilai selama trimester ketiga kehamilan, tiga bulan setelah lahir, dan pada tiga tahun berikutnya.

"Paparan obat SSRI pralahir dan kecemasan yang tinggi si ibu memberikan kontribusi dalam meningkatkan internalisasi perilaku (penarikan diri, kecemasan, dan depresi) pada anak usia 3 tahun," kata Oberlander.(tempointeraktif.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Kesehatan dan Kecantikan
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger